Thursday, April 3, 2008

MULTI SLICE COMPUTED TOMOGRAPHY

Multi Slice Computed Tomography (MSCT)
Prinsip dasar MSCT (Multi Slice Computed Tomography)Adalah pergerakan Tabung sinar-X yang berputar secara stationer dan memancarkan sinar-x secara kontinue, sambil diiringi pergerakan pasien oleh meja pesawat, melewati bidang penyinaran sehingga akan dihasilkan banyak potongan (multi slice) dalam satu kali pergerakan pasien.

Beberapa manfaat dan keuntungan yang dapat dirasakan langsung oleh pasien maupun dokter didalam melakukan diagnosa dengan MSCT terhadap pasiennya antara lain:

Manfaat bagi pasien :
1.Hasil pemeriksaan dianostik yang lebih lengkap dan akurat memungkinkan pasien mendapatkan penanganan yang lebih baik.
2.Waktu pemeriksaan yang lebih cepat pasien merasa lebih nyaman di dalam menjalani pemeriksaan dengan alat tersebut.
3.Waktu tahan nafas selama pemeriksaan pun menjadi lebih singkat
4.Hasil pemeriksaan dapat diterima oleh pasien dalam bentuk foto dengan format cetakan film maupun dalam bentuk CD-Rom, sehingga mudah untuk dibawa dan dicetak / dilihat dengan komputer di mana saja, sesuai dengan kebutuhan masing-masing pasien.
5.Pemeriksaan terhadap pasien dapat dilihat oleh keluarga pasien. Pasien dan keluarganya bahkan dapat melihat organ tubuh bagian dalam (jantung) yang sesungguhnya tanpa melakukan operasi.
6.Non Invasive sehingga tidak menimbulkan komplikasi.

Manfaat bagi dokter :
1.Hasil pemeriksaan yang lebih lengkap dan akurat membantu dokter di dalam memberikan penanganan yang lebih baik kepada pasiennya
2.Hasil foto dalam format cetakan maupun CD Rom memudahkan dokter untuk membaca hasil pemeriksaan diagnostik melalui perangkat komputer yang ada di rumah, klinik maupun rumah sakit dimana mereka praktek.

Manfaat dan keuntungan lain dari MSCT (Multi Slice Computed Tomography) Disamping digunakan untuk pemeriksaan diagnostic yang umum, MSCT memiliki kemampuan tinggi dalam melakukan pemeriksaan spesifik, antara lain :

MSCT CARDIAC (CT-SCAN JANTUNG)
Pemeriksaan MSCT Cardiac untuk mengevaluasi kelainan pembulauh darah jantung (koroner) seperti adanya stenosis/penyempitan, kalsifikasi/perkapuran, oklusi/sumbatan, dan juga bisa untuk mengevaluasi pasien dengan stent jantung / pasca operasi CABG/ By Pass untuk mendeteksi adanya penyempitan kembali/re stenosis.

CTA (COMPUTED TOMOGRAPHY ANGIOGRAPHY)
Adalah suatu teknik scaning non- invasif dengan menggunakan media kontras untuk mengevaluasi pembuluh darah arteri maupun vena.
Indikasi pemeriksaan CTA :
Anomaly,aneurysm, stenosis oclusion, arteritis, trauma Pulmonary embolism, chronic thromboembolic pulmonary hypertension, congenital anomalies, tumor invasion, dll.

CT-COLONOGRAPHY
Yaitu teknik scaning colon (usus besar)dengan memasukan kontras media - kedalam usus besar pasien, biasanya untuk memvisualisasikan secara virtual untuk mempermelihatkan kelainan pada organ tersebut (tumor, insfeksi,susah BAB, dll).

BRONCHOGRAPHY
Pemeriksaan Organ Paru-Paru Khususnya saluran nafas bawah (Bronchus) dengan yang memvisualisasikan secara Virtual untuk melihat kelainan pada organ tersebut. (Tumor, infeksi dll.

CT-SCAN WHOLE BODY
Yaitu pemeriksaan seluruh tubuh dalam satu pemeriksaan.

CT-WHOLE SPINE
Yaitu pemeriksaan keseluruhan Vert. tulang belakang dari Vert. C 1 sampai Coccygeus dalam satu kali pemeriksaan.

Dan masih banyak pemeriksaan lain yang dapat dilakukan dengan menggunakan MSCT.
Mudah-mudahan artikel ini bermanfaat bagi anda, terimakasih.

Apabila anda berkeinginan memiliki CT-SCAN SINGLE SLICE/MULTI SLICE alangkah baiknya hubungi kami :

Layanan yang ada pada kami :
1. Penjualan secara umum ( dalam hal penjualan ini, ada berbagai macam kebijakan/kemudahan yang dapat kami berikan)
2. Kerjasama Sistem Operasional (KSO)

Kami memberikan yang terbaik dan penuh tanggung jawab.
PT YUDHISTIRA, TRIHARJO, SLEMAN, YOGYAKARTA
Jombor,Mlati, Sleman, Yogyakarta
Contact Person :
087 838 248 352
081 575 651 312
zzzz_mri@yahoo.co.id
U.Said.

No comments: